Welcome

Friday, January 1, 2010

Seputar Bisnis Toko Online - Bisnis ”Online” Memperluas Pasar Baru

Bisnis ”Online” Memperluas Pasar Baru
Kamis, 24 Desember 2009 , 06:08:00
BANDUNG, (PRLM).- Para pelaku usaha kecil menengah (UKM) hendaknya mulai mengombinasikan usahanya dengan bisnis online. Alasannya, bisnis online akan memperluas, bahkan membuat pasar baru bagi usaha mereka.

"Kombinasi bisnis online itu untuk melengkapi bisnis offline yang akan memberikan dobrakan bagi usaha kecil untuk menjadi perusahaan yang berkelanjutan," ujar Fauzi Rachmanto dari Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Bandung.

Menurut dia, langkah itu perlu dilakukan untuk membuat usaha UKM lebih besar. Jika tidak, UKM akan tertinggal bahkan ditinggalkan oleh orang. Apalagi berdasarkan data, 40% UKM tutup di tahun pertama. Sementara itu, dari 60% yang masih bertahan, 80% di antaranya akan rontok pada tahun kelima pertama. Oleh karena itu, untuk menjadi pengusaha sukses,
pengusaha UKM di antaranya harus mempunyai mimpi dan semangat yang luar biasa untuk maju. Selain itu, punya ceruk pasar yang jelas serta sistem yang baik dan tim yang solid.

Menurut Nukman Lutfie, CEO Virtual Consulting, produk yang dipasarkan secara online memiliki potensi pasar yang lebih besar daripada offline. Oleh karena itu, ia mendorong dan memfasilitasi para pelaku UKM untuk membuka toko online sehingga bisa mengembangkan usaha mereka.

Untuk sukses di bisnis online, katanya, ada beberapa kunci dan syarat yang harus bisa dilaksanakan oleh para pelaku UKM, di antaranya harus amanah/bisa dipercaya (trust), baik dari kualitas dan kuantitas barang yang ditawarkan, maupun ketepatan waktu pengiriman. "Kita harus bangun trust, bukan hanya cari untung," ujarnya menegaskan. (A-136/A-147)***

No comments:

Post a Comment

Cari pekerjaan

Pekerjaan oleh Careerjet